Teknik Belajar Gitar Melodi Untuk Pemula

Kamis, 01 Maret 2012

|
Hallo,Semuanya.Kali ini saya akan memposting tentang teknik belajar gitar melodi untuk pemula.Sebenarnya,artikel ini hasil copas dari http://dungeonvega.blogspot.com

PhotobucketArtikel ini saya bikin khususnya bagi temen2 yang baru belajar gitar ,tapi yang udah menguasai kunci2 dasarnya dari (A) sampai (G) juga minor hingga mayornya,jadi bagi temen2 yang blom bisa kunci dasarnya harap belajar dulu lewat buku atau dari temen lho.
O.k langsung saja ke TKPnya.
Dalam belajar melodi,yang perlu dipersiapkan adalah:
1.Gitar (kalau ada yang mempunyai 23 blok)
2.tape recorderSetelah alat dan bahan tersedia barulah kita mulai opsi lanjutan.
Dalam belajar melodi.ada beberapa teknik yang harus kita kuasai.
1.felling,(peka pada nad)
Inilah poin pertama yang harus kita kuasai,asahlah pendengaran kita pada nada2,caranya:cocokkan setiap nada pada blok2 gitar.misalnya:blok keempat dari senar no.5 atau nada C (do),cari nada yang sama dengan nada (do)dari senar 1 hingga senar 6.ulang berkali-kali hingga kita mampu membedakan masing2 nada pada blok tiap2 senar.
2.kelincahan jari
latihlah kelincahan jari kita dengan senam jari tiap pagi atau sebelum latihan,bisa juga dengan bermain melodi asal asalan yang tujuannya untuk adaptasi.
3.menentukan not pada kunci nada.
Artinya kita tentukan petikan not tertentu pada kunci,biasanya petikan tsb ada tiga not.misal:kita gunakan kunci (C) titik notnya adalah =C,G,A titik ini adalah titik yang kita tekan pada jari,juga seterusnya coba praktekkan dengan kunci lain.setelah kita tahu titik notnya barulah kita gunakan felling kita untuk menentukan petikan pertama saat kita menggunakan kunci2 tsb.tapi ingat petikan pertama tidak selalu dengan not yang sama pada kunci, misal: pada kunci C tidak selalu petikan notnya juga nada c .
4.praktekkan cari melodi
Setelah kita tahu titik notnya, baru kita cari melodi dari lagu2 yang kita dengar di tape recorder,carilah lagu2 yang melodinya lamban atau lagu slow,tapi sebelumnya kita harus tahu kunci lagu tsb.setelah itu gunakan felling kita dengan menirukan melodi lagu tsb.
5.mengiringi lagu di tape recorder
Sebelum kita mengiringi musik,setel dulu kunci kita dengan lagu di tape.caranya:jika di musik kuncinya (C) ,cocokkan dengan titik notnya di (C),kalau belum cocok seteli lagi hingga cocok.setelah pas barulah kita iringi musik tsb.
6.bermain bareng temen
Nah disinilah praktek sesungguhnya,ajaklah beberapa teman untuk main bersama.tapi setelan gitarnya harus sama,cobalah lagu yang sudah kita hafal kunci dan melodinya untuk kita praktekkan,usahakan teman anda juga menguasai kunci lagu tsb.jadi ndk tulalit.mainkan berulang2 dan perbaiki kesalahan2 yang kita buat.
7.main di studio
Setelah berbagai praktek2 yang kita lakukan sendiri atau sama teman dan sudah menguasai bebera aransemen lagu barulah kita praktekkan di studio,tidak usah harus bagus yang penting mencoba.
Tapi yang terpenting dalam belajar gitar itu adalah niat,bukan bakat,karena bakat akan menyusul kemudian.
Tips2 dan teknik diatas merupakan pengalaman pribadi saya,yang sudah saya praktekkan sebelumnya,karena saya belajar gitar secara otodidak dengan sharing beberapa teman.jadi jangan malas untuk belajar siapa tahu kelak anda menjadi gitaris terkenal macam,slash,santana,atau kayak saya....he...he.
Ok selamat mencoba teknik-teknik dari saya ,semoga berguna bagi anda.

6 komentar:

AGL - Team mengatakan...

Salam kenal...
Nice sharing bro...sangat aplikatif.
Bagi yang ingin menambah skill gitar melodi silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com ada lesson dan video yg siap diunduh gratis, trims

Andry Andreas Panggabean mengatakan...

Mantap bro sudah share, salam gitaris :)Kunjungi juga BLog saya tentang Panduan Belajar Gitar :)

Ahmad Faisal Ridwan mengatakan...

Mantap bro infonya.. salam kenal.. ternyata yang sudah saya praktekkan sekian lama ada artikelnya.. jadi seperti terbalik.. bisa sebelum nemu panduannya :D
oya, Ijin copas nih ya.. hehe.. tapi saya rapikan lagi di blog saya. Kunjungi blog saya tentang Belajar Musik
Terima kasih :)

ada apa Rick ? mengatakan...

MUANTABBB GANN....

ikbal fachry mengatakan...

salllam gitariiiss indonesia...hagagaga

willy wong mengatakan...

Izin Iklan om :)

Jual USB Guitar Link VZTEC
Hanya Rp. 130.000,-

www.apelberi.com

Poskan Komentar

Share It

Musik

Followers

 

Lorem

Avenged Sevenfold-Dear God

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Ipsum

Dolor