MeeGo Mati, Digantikan Tizen

Kamis, 05 April 2012

|

MeeGo Mati, Digantikan Tizen

Posted on Sep 28, 2011

MeeGo Mati, Digantikan Tizen



MeeGo punya bagian tersendiri dalam sejarah mobile OS. Sayang, usianya harus berakhir seumur jagung. Padahal, MeeGo mengawali dengan kolaborasi OS berbasis Linux Maemo dan Moblin plus didukung Nokia, Intel, dan Samsung.




Itu sebelum Nokia mundur dan mencabut dukungannya. Meninggalkan Samsung dan Intel yang terus berkutat mengembangkan MeeGo.

Pekan ini, mobile OS open-source baru diumumkan dengan nama kode: Tizen OS. Berbasis HTML5 dan mendukung multiple devices—seperti MeeGo—, termasuk smartphone, tablet, smart TV, netbook, dan in-vehicle infotainment systems.

Tizen dijadwalkan rilis pada 2012 dan mengkombinasikan teknologi open-source terbaik dari LiMo dan the Linux Foundation.

Di blog komunitas MeeGo, Linux Foundation menjelaskan alasan tidak mengembangkan MeeGo lagi. Fakta itu mengubah anggapan di awal bulan ini bahwa Intel masih terikat sepenuhnya pada MeeGo.




^ MeeGo jadi MeeGone?




“Kami percaya masa depan ada di tangan aplikasi berbasis HTML5, meski jumlah persentase aplikasinya masih kecil, dan kami sangat yakin bahwa kebutuhan investasi kami akan terangkat bersama HTML5,” tulis blog tersebut.

“Maju bersama HTML5 bukan berarti mencampakkan web runtime di Linux, meski bertujuan untuk mobile (apps), sama seperti yang pernah dilakukan MeeGo,” lanjut The Linux Foundation yang dikutip Techradar.

Mereka berusaha menyaripatikan proses kinerja HTML5 dan API-nya hingga tak kaku buat kebutuhan para programer. Semuanya dimaksudkan untuk mengevolusi teknologi platform dan memberi variasi untuk segmen pasar.

Transisi dari MeeGo ke Tizen akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Harapannya, semua yang terlibat dengan MeeGo akan menyongsong platform baru yang sangat kompatibel dengan HTML5.

Praktis, berbagai device MeeGo akan jadi bagian dari sejarah yang akan segera dilupakan. Entah kapan juga Nokia N950 ber-OS Meego akan diluncurkan.




1 komentar:

the berantas mengatakan...

Salah anda lo bilang meego tidak d kembangkn lg, it sumber dr mn yg anda dpatkn?
meego msh dkmbangkn lg oleh linux, krna msh ad vendor yg mengkotrak linux untk os meego ny, bhkan para developer pun ikt serta mengmbngkny, lo nokia g make os linux, knpa handphone nokia memakai os linux untuk hp yg bekelas tinggi? Cntoh nokia N9, N900(hp gua), N950?

Posting Komentar

Musik

Followers

 

Lorem

Avenged Sevenfold-Dear God

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Ipsum

Dolor