Tips Membeli PDA/Smart Phone

Senin, 24 Oktober 2011

|
Saat ini harga jual PDA memang sudah cukup bersahabat.Nah,sebelum menentukan PDA mana yang akan Anda beli,perhatikan hal-hal berikut:

PLATFORM
 Ada beberapa platfrom atau sistem operasi yang di gunakan di perangkat PDA phone.Masing-masing adalah Windows Mobile,PalmOs,Linux,Symbian,Android,dan Bada.Saat ini Sistem Operasi Linux di PDA hampir tidak terdengar.Keberadaannya kalah pamor dibanding Windows Mobile atau Symbian.

DUKUNGAN APLIKASI
PDA berbasis Windows dan Symbian memiliki lebih banyak dukungan aplikasi dibanding Os Lainnya.Selain itu,biasanya,produk-produk ini juga elah di bundel dengan aplikasi sinkronisasi dan office suite.
Fitur lain yang juga patut diperhitungkan adalah faktor Java Environment.Dengan adanya lingkungan Java,PDA Anda bisa juga diinstal aplikasi berbasis Java.

CPU
Sama seperti halnya komputer,PDA memiliki prosesor yang bertugas memproses data yang masuk dan mengeksekusinya.
Saat ini setidaknya ada 3 nama CPU yang kerap di pakai oleh PDA yang beredar di pasar Indonesia yaitu Strong ARM,Xscale,dan Samsung.
Ketiganya sama baiknya,namun yang perlu di amati saat membeli PDA adalah kecepatan prosesornya.
Kecepatan Prosesor biasanya di cantumkan dalam satuan MegaHertz(MHz).Secara teori,makin tinggi kecepatan prosesor,maka makin cepat kinarjanya.Tapi,perlu di ingat,makin cepat prosesor,harganya pun semakin mahal.

RAM
RAM adalah memori di dalam ponsel yang digunakan sebagai tempat 'loading' aplikasi atau program,sekaligus mengeksekusi tugasnya.RAM ibarat pipa air ledeng tempat mengalirkan air dari bak utama.Makin besar RAM,maka makin cepat air mengalir.

Memori
Yang dimaksud memori disini adalah tempat menyimpan data.Mirip harddisk atau disket pada komputer Anda.Bagi Anda yang suka menyimpan musik MP3 atau gemar menginstal aplikasi,harus memperhitungkan besaran memori yang akan digunakan,termasuk menyisihkan dana Anda untuk membeli memori eksternal.
Ada dua jenis memori,yaitu memori eksternal dan internal.Memori internal adalah memori yang tertanam dalam PDA Anda dan kapasitasnya tidak dapat berubah(dalam besaran Mb,sama seperti RAM).Sedangkan yang di maksud memori eksternal adalah memori dalam bentuk kepingan fisik yang dapat di pasang ke PDA Anda melalui slot memori.

KONEKTIVITAS
Konektivitas termasuk fungsi penunjang penting sebuah PDA.Dengan koneksi yang memadai,data yang kita buat di PDA(misalnya dokumen,excel,image hasil kamera ponsel)dapat di pindah dan di edit melalui komputer atau perangkat PDA lain.
Perangkat koneksi paling konvensional adalah kabel data,di ikuti infra merah, dan Bluetooth.Perangkat paling mutakhir yang di sajikan dalam PDA terkini adalah WI-FI.
Jika kebutuhan PDA Anda masih sebagai sebuah organiser,maka fungsi WI-FI tak perlu Anda masukkan sebagai bahan pertimbangan,namun jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dan sangat bergantung pada layanan internet,maka fitur WI-FI menjadi faktor penting yang harus Anda perhitungkan dalam membeli PDA.

BATERAI
PDA memerlukan suber daya yang cukup besar.Ada PDA yang harus selalu di charge setiap hari.Ada juga yang masih bertahan sampai 2 hari.Kapasitas baterai di nyatakan dalam besaran mAh(miliamperehour),misalnya 800mAh,1200mAh dan sebagainya.

INPUT
Anda menginginkan PDA berlayar sentuh,berkeyboard QWERTY atau cukup puas dengan PDA ber joystik saja?
Saat ini ada banyak pilihan input yang dimiliki oleh PDA.Anda bisa menggunakan layar sentuh,keyboard QWERTY,dan joystick navigator seperti Nokia Communicator.Ada pula flip keyboard.

LAYAR
Berapa besar layar yang Anda butuhkan? 160 x 160 piksel,240 x320 piksel, atau lebih besar lagi?Layar lega sangat cocok buat Anda yang mementingkan fitur multimedia dan office seperti memutar film,video,word,spreadsheet,atau sejenisnya.Jika hanya fungsi organiser yang Anda butuhkan,pilihlah layar berukuran sedang.Layar yang terlalu kurang direkomendasikan karena kurang mendukung fungsi PDA itu sendiri.

FITUR PENUNJANG
Kamera,radio,GPS merupakan faktor penunjang yang bersifat tak wajib dimiliki.Jika Anda memiliki dana lebih,tentu Anda bisa memiliki PDA sengan semua kelengkapan tersebut.Tetapi jika isi dompet terbatas fitur-fitur sejenis ini lebih baik tidak di masukkan sebagai faktor penentu.

Demikian tips membeli PDA atau Smart Phone.Semoga bisa menjadi pemandu bagi Anda yang hendak membelinya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Musik

Followers

 

Lorem

Avenged Sevenfold-Dear God

Free Music Sites
Free Music Online

free music at divine-music.info

Ipsum

Dolor